Selasa, 20 November 2012

12 Destinasi Wisata Pesisir di Jakarta Utara

TANJUNG PRIOK - Setiap  orang biasanya memiliki keinginan untuk berkunjung ke suatu tempat. Bukan hanya sekadar keperluan  bisnis atau tuntutan pekerjaan, tapi banyak orang ingin bepergian ke suatu tempat untuk menjeda rutinitas dan mencari kesegaran. Berwisata, beribadah, menjalankan hobi atau sekadar bernostalgia, misalnya.

Bepergian ke luar negeri tentu menjadi idaman banyak orang. Namun,  banyak pula tempat-tempat yang indah, eksotis dan bersejarah di dalam negeri yang layak untuk dikunjungi. Seperti di Jakarta Utara terdapat 12 Destinasi Wisata Pesisir Jakarta yang dapat dikunjungi, diantaranya, terdapat Wisata budaya ada Rumah Si Pitung, Stasiun Tanjung Priok, Kampung Tugu, Pelabuhan Sunda Kelapa dan Galangan VOC. Wisata Religi ada Masjid Al Alam Marunda, Masjid Luar Batang, Jakarta Islamic Centre, Gereja Tugu, dan Klenteng Ancol. Wisata belanja dan kuliner ada di kawasan Kelapa Gading, Mangga Dua dan Muara Angke. Wisata rekreasi ada Ancol dan wisata olahraga air terdapat di Bahtera Jaya Ancol.

Menurut Kepala Suku Dinas Pariwisata Jakarta Utara, Ir. Agustine Grace Mandagi, Anco Taman Impian menjadi tempat yang paling ingin dikunjungi oleh pelancong. Para wisatawan memilih Ancol sebagai tempat paling ingin dikunjungi di Indonesia.   Menyusul di belakangnya Kawasan Sunda Kelapa dan Rumah Si Pitung, Masjid Al Alam  serta Taman Margasatwa.

"Sebagai tempat tujuan wisata, Jakarta Utara menawarkan keindahan Hutan Mangrove, Jakarta Utara juga memiliki Kawasan Sunda Kelapa yang menawarkan keindahan Kota Tua," ujar wanita asal Manado ini.

Dijelaskan Grace, tempat pilihan wisatawan di urutan ketiga adalah Taman Wisata Alam. Sebuah tempat  di ujung Utara Jakarta.Tepatnya di Pantai Indah Kapuk (PIK). Kawasan ini menawarkan sejuta keindahan wisata alam, karena memang terkenal sebagai tempat konservasi spesies hewan burung di Jakarta.

"Hutan Mangrove yang indah dan udara yang sejuk menjadikan  Taman Wisata Alam PIK dipilih oleh pelancong secara keluarga dan kelompok. Setelah Ancol yang kerap dijadikan lokasi shooting, berikutnya Taman Wisata Alam PIK lah yang dipilih para insan seni untuk lokasi shooting film dan video klip yang bertemakan keindahan dan petualangan," jelasnya.

Selanjutnya, kata Grace, Kampung Tugu. Di samping terkenal karena keramahan masyarakatnya, Kampung Tugu juga terkenal akan keseniannya yakni Keroncong Tugu, dan Gereja Tugu peninggalan jaman Portugis.

Lebih lanjut Grace mengungkapkan, keempat tempat wisata teratas pilihan para wisatawan merupakan kota tujuan wisata belanja dan kuliner yang terkenal ke mancanegara, yang terdapat di Kawasan Kelapa Gading, Mangga Dua dan Muara Angke.

"Kunjungan wisata untuk menikmati keindahan alam, budaya maupun mencicipi kuliner yang eksotis juga menjadi alasan mayoritas pelancong ingin mengunjungi tempat-tempat di Jakarta Utara tersebut. Keluarga merupakan prioritas bagi banyak orang Indonesia. Terbukti mayoritas wisatawan mengatakan ingin bepergian dengan keluarga," ujar Grace.

Mayoritas wisatawan di semua kelompok, baik kelompok berdasar gender, pekerjaan maupun tingkat ekonomi, ingin mengajak keluarganya mengunjungi tempat yang paling dia inginkan, naik di dalam negeri maupun tempat di luar negeri.

Tidak ada komentar: