Rabu, 25 Mei 2011

Let's Jreng To The Music..!!!

Siapa bilang main musik itu susah? main musik itu gampang kok! gak perlu latihan khusus pun loe bisa jadi pemusik.silahkan aja pukul-pukul drum,walaupun nadanya gak beraturan,itu sudah bisa di sebut sebagai musik loh.so,meski nadanya sendiri nggak beraturan,asal terangkai,itu sudah termasuk musik.masalah enak enggak di dengernya itukan relatif.bukannya lain orang tentu lain pula seleranya ya kan! karena itu,enak atau enggaknya suatu musik itu enggak tentu,tergantung selera kuping orang yang dengerin aja.tapi bunyi yang asik gak hanya cukup dengan asal pukul or genjreng-genjreng apalagi asal bunyi.but,dibutuhkan latihan,latihan,dan seterusnya.lantas apa yang perlu di lakukn supaya bisa seperti musisi-musisi besar? huh.. yang pasti banyak be.ge.te. deh yag harus loe lakuin.berikut ada pertanyaan yang sering di lontarkan oleh musisi-musisi awam alias pemula.siapa tahu berguna untuk nusa dan bangsa,amien!

PERLUKAH SEKOLAH MUSIK?
Kalo loe punya duit lebih kenapa enggak? cos banyak yang bisa loe pelajarin di sekolah musik tapi itu bukan berarti loe gak bisabermusik dengan baik,contohnya gue(reez) tanpa sekolah musik dan guru yang menentu aja gue bisa seperti sekarang(walaupun belum jago-jago amat sih) padahal gue cuma belajar secara otodidak loh! dan pengalamanlah yang gue jadiin guru musik.and masih banyak juga cara yang lain ,misalnya belajar lewat buku-buku musik atau melihat teknik-teknik main gitar di youtube dan masih banyak lagi.inget,sekolah musik gak menjamin seseorang bisa mahir or jago.so,don't be sad ok!

GIMANA SIH SUPAYA WAWASAN MUSIK BISA MENJADI LUAS?
Supaya wawasan musik loe luas,gak cukup kalo cuma membaca.coz yang terpenting dalam musik itu bukan teori,tapi praktek.so,karena itu banyak-banyak deh dengerin kaset or cd! and jangan membatasi diri loe hanya pada satu aliran musik aja,dengerin juga jenis-jenis musik lain.perhatiin perbedaan nada,tempo,beat dll dari masing-masing musik tersebut.nah! setelah itu tinggal di praktekin deh..

APA SEORANG GITARIS HARUS PUNYA GITAR?
Tentu saja iya! terserah gitarnya dari mana,boleh dari minjam,colongan,ataupun kalo loe beruntung be.ge.te boleh nemu di jalan.pokoknya seorang gitaris harus punya gitar,kalo enggak itu berarti bukan gitaris tapi hanya sekedar tukang pijem gitar.begitu juga pemain drum,bass,keyboard ataupun apalah itu! yang pasti masing-masing harus punya alatnya sendiri.lagian juga kalau enggak punya alatnya sendiri giman bisa belajar coba?! x_x

GIMANA SEBAIKNYA,MAININ LAGU ORANG OR MENCIPTAKAN LAGU SENDIRI?
Untuk tahap awal sih sebaiknya mainin dulu aja lagu orang.coba pelajarin gimana lagu tersebut bisa jadi menarik.and perhatiin komposisi,pilihan liriknya,serta tekhnik-tekhniknya.buat mengembangkan improvisasi supaya bisa nyiptain lagu dan komposisi yang enak,and sebaiknya sih banyakin berjam sesion(main bebas).ini juga sangat bantu dalam meningkatkan improvisasi.

PERLU GAK SIH IDEALISME DALAM BERMUSIK?
Wah! perlu be.ge.te. tuh! coz,seorang musisi dapat dikenal karyanya itu karena idealisme musiknya yang berbeda dengan yang lain.but,idealisme dalam bermusik sebaiknya di hilanggin dulu deh,sampai loe bener-benr menguasain seluruh jenis musik.sehingga,loe bisa nentuin mana musik yang sesuai sama karakter loe.so,bukan idealis cuma karena gak ada jenis musik lain yang loe bisa.itu bukan idealis namanya,tapi STUPID! x_x

DI KUTIP DARI : MAJALAH MUSIK ETNIX MAG@ZINE & MY INPROVISASI

Tidak ada komentar: